Mengenal 4 Jenis Percetakan Yang Wajib Kalian Ketahui

Percetakan ialah sebuah usaha yang memberikan jasa percetakan seperti buku, koran, atau plamfet. Usaha percetakan memang sangat memberikan keuntungan, apa lagi bila kita mengetahui letak pasar kita berada di mana.

Ngomong-ngomong permasalahan percetakan, kali ini kita akan mengulas mengenai beberapa jenis jasa percetakan. Pada umumnya bisa dibagi jadi 4 jenis. Yakni :

Mengenal Jenis Jenis Percetakan

1. Cetak Offset

Cetak offset umumnya dipakai untuk peretakan kertas. Saat sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/ design yang dibuat dengan software olah digital seperti coredraw, photoshop, freehand dan lain2nya lalu selanjutnya dibuatkan pelat filmnya.

Dengan plta film tersebut selanjutnya dilakukan pembuatan lewat mesin offset. Hasil peretakan offset umumnya untuk buku, nota, paket promo, iklan dan lain-lain.

2. Cetak sablon

Cetak sablon kerap dimaksud screen printing. Cetak jenis ini memakai screen/saring. Artwork yang sudah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Hasil dari afdruk itu selanjutnya dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar screen ke media yang disablon. Cetak sablon dapat diterapkan di beberapa media, seumpama : kertas, plastik, kain, besi, aluminium, kaca, kayu dan media yang lain.

3. Cetak Digital

Cetak digital atau kerap disebut dengan digital printing prosesnya diawali dari design lalu dicetak dengan memakai printer. Hasilnya sesuai design yang dibuat. Media printing dapat di kertas, kaos (Direct to Garmen) atau ke plastik yang umumnya dipakai untuk banner.

Cetak digital saat ini telah modern untuk keperluan cetak yang super cepat terkadang kita perlu mesin cetak yang handal diantaranya mesin cetak digital. (Model cetak ini yang umumnya dipakai oleh deepublish dalam hal cetak cover. Cetakan memakai kertas ivory dengan ukuran 260 gr).

4. Cetak Airbrush

Cetak jenis ini memakai sprayer. Cat yang berada di tabung selanjutnya disemprot dengan bantuan penekanan udara. Cetak jenis ini ibarat melukis dengan semprotan cat. Hasilnya seperti mural atau seni air brush di motor, mobil dan lain-lain.

Penutup

Itulah beberapa jenis percetakan yang perlau kalian ketahui, mengingat setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda pula. Semoga artikel ini bermanfaat!